Memaknai fungsi dari aktivitas kelembagaan yang kita lakukan #SUBMIT2 (Ekokelembagaan)

Sebelumya saya akan menjelaskan apa itu arti kelembagaan. Ada berbagai definisi kelembagaan yang disampaikan oleh ahli dari berbagai bidang. Menurut Ruttan dan Hayami (1984). Kelembagaan adalah aturan dari suatu kelompok masyarakat atau organisasi yang memfasilitasi koordinasi antar anggotanya untuk membantu mereka dengan harapan dimana setiap orang dapat bekerja sama atau berhubungan satu dengan yang lain untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan. 
Untuk pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi dari aktivitas kelembagaan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari saya. Yang saya ambil contoh adalah lembaga pendidikan. Pendidikan yang saya ambil sekarang ini adalh jenjang S1 Ekonomi dan Bisnis di Universitas Brawijaya. Menurut saya pendidikan adalah suatu proses dimana seseorang memperoleh pengetahuan, mengembangkan kemampuan/ketrampilan sikap, dengan adanya bekal pendidikan yang tinggi ini pastinya saya akan siap menghadapi masa depan dengan pengalaman baru. Proses pendidikan selain berlangsung secara formal bisa juga berlangsung secara informal dan non formal. Untuk informal seperti lewat media, Internet, buku, TV dll. Sedangakan non formalnya yang tidak dapat kita sadari adalah interaksi antara masyarakat sekitar kita.
Kemudian sebagai agen perubahan, lembaga pendidikan berfungsi sebagai : pengembangan pribadi, warga, budaya dan bangsa. Untuk fungsi dari pendidikan formal yang sedang berlangsung ini pastinya semua orang tau dan saya pun merasakanya. Tanpa kita sadari pendidikan informal dan nonformal juga memiliki fungsi dan manfaat sangatlah penting. Pendidikan informal adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri, dalam pembentukan karakter atau keyahinan, norma dan mengetahui apa saja hal-hal negarif dan positif.  Jadi melalui lembaga pendidikan, kita akan dikenalkan mengenai kehidupan bermasyarakat yang lebih luas. Oleh karena itu pembangunan lembaga pendidikan  diharapkan dapat memberikan kotribusi nyata dalam mewujudkan Indonesia yang aman, damai dan sejahtera.

Referensi :
Pengertian ilmu. “Pengertian Kelembagaan” :
Kumpulan ilmu online. “ Manfaat dan Fungsi Kelembagaan” :


#SUBMIT2 #Ekonomikelembagaan #kelasAB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan sistem pembelajaran kedepan #submit1 (Ekopembangunan)

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan #SUBMIT3 (Ekopembangunan)

Pembangunan di Bidang Pendidikan