Apakah Indonesia perlu mengejar menjadi negara maju atau tetap menjadi negara berkembang? #SUBMIT2 (Ekopembangunan)

Indonesia yang sekarang ini masih tergolong kedalam negara berkembang. Dan perlukah negara Indonesia mengejar agar bisa menjadi negara maju? Kalau menurut saya Indonesia perlu menjadi negara maju, negara mana sih yang tidak mau menjadi negara maju, pasti semua negara berkeinginan menjadikan negaranya menjadi negara maju.
Sebelumnya saya akan menjelaskan pengertian dari negara maju dan berkembang. Negara maju adalahnegara yang mampu mandiri tanpa ada bantuan dari negara lain, bahkan sebuah negara yang maju dapat memberi pengaruh besar terhadap segala aspek kehidupan baik masyarakat, budaya, teknologi, ekonomi dan aspek lainnya terhadap dunia. Sedangkan negara berkembang adalah negara yang rakyatnya memiliki tingkat kesejahteraan yang  atau kualitas hidup taraf sedang dalam perkembangannya yang artinya negara tersebut masih berusaha untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki. Suatu negara dapat dikatakan negara maju dan berkembang didasarkan pada keberhasilan pembangunan oleh negara yang bersangkutan. Jika Indonesia menjadi negara maju pasti semuanya bisa terbenahi karena negara maju memilik pendapatan tinggi dan telah memiliki banyak perkembangan dalam meningkatkan pembangunan  dan kehidupan yang layak bagi masyarakat. Standar gaya hidup dinegara maju relatif tinggi dengan skala ekonomi yang merata antara masyarakat. Hal ini disertai dengan teknologi yang canggih dalam menunjang kehidupan yang merata.
Beberapa hal yang harus dilakukan negara berkembang agar bisa menjadi negara maju yaitu harus meningkatkan tingkat pendidikan dan perkembangan IPTEK sehingga mampu mengelola sda yang ada, memaksimalkan dalam mengelola teknologi denganman vovasi-inovasi baru  .Jadi, apa yang dibutuhkan negara Indonesia yang masih berkembang agar dapat menjadi negara maju? Menurut saya yang dibutuhkan adalah mengubah pola pikir masyarakat. Karena otak sebagai sumber dari pikiran adalah pusat proses seluruh kegiatan atau yang dilakukan seseorang.

Referensi :

 #SUBMIT2


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan sistem pembelajaran kedepan #submit1 (Ekopembangunan)

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan #SUBMIT3 (Ekopembangunan)

Pembangunan di Bidang Pendidikan