MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR KITA #SUBMIT3 (Ekokelembagaan)

Sebagai makhluk sosial manusia tentu saja memerlukan kerja sama dengan manusia yang lain. Manusia tidak pernah bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari kerjasama dengan manusia yang lain. Manusia membutuhkan suatu kelompok atau organisasi sebagai suatu jaringan informasi sosial antar sesama untuk menciptakan suatu ketertiban sosial. Untuk mewujudkannya perlu adanya kerjasama-kerjasama diantara sesama anggota masyarakat. Kerjasama tersebut dimasukkan untuk membuat dan melaksanakan aturan yang telah disepakati oleh masyarakat.
Namun seiring perkembangan zaman, IPTEK semakin berkembang pesat dan era globalisasi yang semakin mendunia sehingga sangat mempengaruhi terjadinya perubahan sosial yang ada di tengah lingkungan masyarakat. Sehingga munculah permasalahan-permasalahan sosial yang berkembang di lingkungan masyarakat sekitar kita.  Nah disini saya akan membahas masalah sosial mengenai perkembangan teknologi saat ini.
Dalam era globalisasi ini teknologi semakin maju, tidak dapat dipungkiri hadirnya internet semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kegiatan sosialisasi, pendidikan, bisnis, dsb. Hampir semua orang di Indonesia memiliki smartphone , dengan semakin majunya internet dan hadirnya smartphone maka media sosial pun ikut berkembang pesat. Bagi masyarakat Indonesia khususnya kalangan remaja, media sosial seakan sudah menjadi candu, tiada hari tanpa membuka media sosial, bahkan hampir 24 jam mereka tidak lepas dari smartphone . Media sosial terbesar yang paling sering digunakan oleh kalangan remaja antara lain; FB, Twitter, Path, Youtube, Instagram, LINE, Whatsapp, BBM. Media sosial memang menawarkan banyak kemudahan yang membuat para remaja betah berlama-lama berselancar di dunia maya. Tetapi banyak sekali  faktor negatif yang ada dalam media sosial, seperti penipuan, pemerasan, situs pornografi, pelecehan seksual, dan seringnya kita menggunkana smartphone juga bisa menganggu kesehatan mata serta konsentrasi belajar kita terganggu.
Jadi, kita harus mempertimbangkan kebutuhan kita terhadap teknologi, mempertimbangkan baik-buruknya teknologi tersebut dan tetap menggunakan etika, juga tidak lupa jangan terlalu berlebihan agar kita tidak kecanduan dengan teknologi. Selain itu dengan teknologi yang sederhana asal dimanfaatkan dengan maksimal, maka teknologi itu akan menghasilkan kualitas yang optimal. Apabila dimanfaatkan dengan baik, maka akan bisa memberikan manfaat bagi kita. Yang terpenting adalah dari diri kita sendiri untuk menggunakan teknologi moderen ini secara sehat.

#ekonomikelembagaan #submit3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan sistem pembelajaran kedepan #submit1 (Ekopembangunan)

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan #SUBMIT3 (Ekopembangunan)

Pembangunan di Bidang Pendidikan