Sistem Ekonomi pengentas kemiskinan di Indonesia



Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidak mampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.
Kemiskinan ini merupakan masalah kompleks yang dihadapi oleh setiap negara di dunia termasuk Indonesia. Masalah tersebut timbul karena kenaikan jumlah penduduk miskin oleh beberapa faktor termasuk kenaikan bbm, inflasi dan pelemahan dollar. Data Worldfactbook, BPS dan World Bank, mencatat bahwa Indonesia termasuk negara yang mengalami penurunan jumlah penduduk miskin yang tercepat dibandingkan dengan negara lainnya. Pada rentang tahun 2007 – 2009 Indonesia mampu menurunkan laju rata-rata penurunan jumlah penduduk miskin per tahun sebesar 0,8%. Namun masalah yang sebenarnya, penurunan tersebut masih berupa data yang dalam observasinya penduduk miskin di Indonesia masih begitu banyak, dan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal itu setidaknya terlihat sejak tahun 2013 dimana penduduk miskin 11,37 % dengan jumlah mencapai 28,07 juta jiwa
Jumlah penduduk miskin di Indonesia tahun 2007-2012

Sumber : BPS
 
Tercatat ada sekitar 28 juta penduduk hidup di bawah RP 293.000 per bulan pada tahun 2013, 68 juta penduduk hidup sedikit di atas angka tersebut. Artinya bagaimana pemerintah melakukan pengentasan kemiskinan masih dalam prepektif yang sempit. Sistem ekonomi yang digunakan Indonesia saat ini adalah sistem demokrasi pancasila. Sistem yang bergantung pada keadaan suatu negara. Artinya jika keadaan suatu negara baik maka sistem dapat bekerja secara optimal namun jika keadaan suatu negara buruk maka sistem tidak dapat bekerja secara optimal. Sistem yang bekerja saat ini sudah cukup baik dalam memajukan perekonomian dan memberantas kemiskinan. Namun sistem yang telah dipakai sejak tahun 1966 ini tidak berefek besar terhadap pengentasan kemiskinan yang sudah ada sejak lama. Pemerintah perlu berbenah mengenai sistem ekonomi saat ini agar kedepannya menjadi lebih baik.
Indonesia memakai sistem ekonomi campuran yang dikenal dengan sistem ekonomi pancasila. Sistem ekonomi pancasila merupakan sistem ekonomi yang digali dan dibangun dari nilai-nilai yang diatur dalam masyarakat Indonesia. Sistem tersebut dilandaskan dari 5 sila atau pancasila. Angka perekonomian Indonesia menguat menjadi 6,3% per tahun. Itu artinya sistem ekonomi pancasila cocok diterapkan di Indonesia dibandingkan sistem ekonomi lainnya. Sedangkan sistem sosialisme yang mempunyai satu kesamaan paham yaitu lebih mengutamakan kepentingan dan kesejahteraan sosial di atas kepentingan dan kesejahteraan individu.
Jadi, sistem pemerintahan untuk mengentaskan/mengurangi kemiskinan yang baik digunakan di Indonesia adalah  sistem ekonomi pancasila/sistem ekonomi campuran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan sistem pembelajaran kedepan #submit1 (Ekopembangunan)

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan #SUBMIT3 (Ekopembangunan)

Pembangunan di Bidang Pendidikan