Kebijakan pemerintah dalam mengetaskan kemiskinan

Secara umum penyebab kemiskinan dapat dibagi kedalam empat tujuan yaitu yg pertama tentang individu. Bahwa kemiskinan cenderung diakibatkan oleh karakteristik orang miskin itu sendiri.  Karakteristik yang dimaksudkan seperti malas dan kurang sungguh sunggu dalam segala hal,  termasuk dalam bekerja.  Mereka juga sering salah dalam memilih, termasuk pekerja, memilih jalan hidup sendiri. Gagal sebagian orang miskin bukab karena tidak pernah memiliki kesempatan, namun ia gagal menjalani dengab baik kesempatan tersebut. 
Nah disini saya akan membahas tentang kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk masyarakat miskin, tetapi disitu masyarakat yang tergolong tidak mampu tersebut malah menjadi semakin miskin. Ada beberapa hal yabg menyebabkan hal semua itu terjadi,  semisal contohnya pemerintah sudah memberikan suatu bantuan langsung tunai ata BLT untuk masyarakat yang kurang mampu tersebut. Tetapi disini masyarakat tersebut malah menyalahgunakan BLT tersebut dengan hal hal yang tidak begitu penting, bukannya mereka memanfaatkan bantuan itu dengan sesuatu yang lebih bermanfaat kedepannya bagi mereka semisal bantuan tersebut digunakan untuk modal usaha yang pastinya akan memberikan dampak yang baik untuk kedepannya. Sehingga modal yang di manfaatkan untuk usaha itu pastinya si pemilik usaha akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari modal yang di berikan oleh pemerintah. Tapi disini masyarakat malah menyalahgunakan BLT tersebut untuk berfoya-foya tidak jelas. Dan pastinya akan berdampak pada mereka sendiri, mereka malah menjadi miskin atau tidak mampu dalam menyukupi kebutuhan dalam hidupnya. 
Melihat kejadian tersebut, seharusnya mereka lebih bisa berpikir cerdas, agar tidak menyalah gunakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah tersebut menjadi keburukan bagi para masyarakat miskin di Indonesia ini. Penyelesaian masalah kemiskinan, yang terjadi selama inj hanya terfokus pada permukaannya saja sehingga tidak dapat terselesaikan secara tuntas.  Seperti yang sudah saya contohkan tadi masalah BLT, sumbangan -sumbangan, juga bantuan sosial lainya yang bersifat sementara saja. Hal initidak dapat menyelesaikan permaslahan permanen,  hanya sekedar penghibur sementara bagi mereka.  Bahkan cara ini dipandang hanya akan menggelengakan kemiskinan dan mengembangkan mental miskin karena di tanamkan budaya yang selalu minta minta. 
Jadi solusi yang harus dilakukan untuk kemiskinan ini yang pertama mendorong adanya transmigrasi dan migrasi spontan,  pengembangan pusat pertumbuhan, melindungi usaha usaha kecil menengah,  dan memberikan pelatihan dan semibar yang memadai untuk memberikan ketrampilan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan sistem pembelajaran kedepan #submit1 (Ekopembangunan)

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan #SUBMIT3 (Ekopembangunan)

Pembangunan di Bidang Pendidikan