Kontribusi Mahasiswa dalam mengentaskan masalah pengangguran di Indonesia



Mahasiswa sebagai kaum intelektual muda dituntut untuk berfikir kritis dan berktribusi positif bagi pembangunan ekonomi bangsa. Mahasiswa berperan sebagai agen perubahan yang akan menentukan arah perubahan indonesia. Mahasiswa juga dapat menyumbangkan pikran-pikiran kreatifnya dalam upaya menggulangi masalah seta upaya pembangunan perekonomian Indonesia. Akan tetapi ta hanya cerdas dan berfikir kreatif namun makasiswa juga harus berkarakter
Maka dari itu mahasiswa dapat berperan penting dalam mengatasi permasalahan di negeri ini, salah satunya mengatasi permasalahan pengangguran yang telah menjadi momok bagi negara Indonesia. Untuk masalah pengangguran, peran mahasiswa yang bisa diambil adalah peran studi dan koordinasi.
Untuk masalah pengangguran dikota-kota besar oleh disebabkan oleh lapangan pekerjaan yang tersedia lebih sedikit di bandingkan para pencari kerja, oleh sebab itu mahasiswa bisa membantu melalui beberapa hal. Hal pertama adalah melakukan studi di suatu komunitas mengenai sebaran jenjang pendidikan bagi para pencari kerja, kemudian melalui koneksi informasi yang dimiliki (melalui ikatan alumni, atau koneksi dengan perusahaan-perusahaan dan instansi pemerintahan) dapat menyebarkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan para pencari kerja. Hal tersebut akan memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak, dimana para pencari kerja akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan para pemilik lowongan kerja akan mendapatkan banyak opsi pekerja yang mereka butuhkan.
Hal lain juga bisa dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai peluang-peluang berwirausaha yang ada dan juga bisa menghadirkan pihak perbankan dan mungkin pemerintah (diwakili kementrian koperasi dan UKM) dalam sesi sharing tersebut yang berguna untuk memberikan informasi mengenai sumber dana yang dibutuhkan untuk (kredit usaha rakyat dll) dan apa yang harus dilakukan warga agar mendapatkan dana yang dibutuhkan memulai sebuah usaha. Tidak dapat dipungkiri, banyak sekali warga yang kurang mengerti informasi termasuk bagaimana mendapatkan dana untuk memulai sebuah usaha. Dengan cara tersebut, sehingga dapat membuka lapangan kerja baru untuk mengurangi masalah pengangguran yang ada di Indonesia ini.
Serta masih banyak lagi peran masasiswa yang sangat dibutuhkan untuk kemajuan perekonomian negara. Namun mahasiswa tidak dapat bergerak sendiri, tentu butuh bekerjasama dengan pemerintah. Ide-ide kreatif tersebut tetap harus disalurkan kepada pemerintah untuk dipertimbangkan kelayakan ide-idenya.
Dengan cara tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan peran mahasiswa dalam pembangunan ekonomi, serta melahirkan mahasiswa berkarakter yang peduli terhadap kehidupan bangsa dan dapat memberikan solusi untuk masalah-masalah yang dihadapi oleh negara Indonesia.




Situs :
http://www.smactf.sch.id/index.php/Artikel/tanpa-pendidikan-merata-pengangguran-dan-kemiskinan-melimpah.html)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan sistem pembelajaran kedepan #submit1 (Ekopembangunan)

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan #SUBMIT3 (Ekopembangunan)

Pembangunan di Bidang Pendidikan