Kuliah Tamu Bakti Alumni dalam rangka dies natalis FEB UB 2017 #SUBMIT5 (Ekokelembagaan)

Kuliah tamu ini digelar secara mandiri oleh Ikatan Keluaga Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (IKA FEB UB). Acara tersebut berlangsung di Gedung F Lantai 7 FEB UB dan dimulai pukul 10.00 sampai 13.00 WIB.
Kuliah tamu yang mendatangkan mahasiswa sarjana FEB dari semua jurusan. Pemateri dalam kuliah tamu bakti alumni ini merupakan alumni FEB UB yang telah sukses dalam bidang bisnis maupun pemerintahan. Materi yang disampaikan mulai dari kepemimpinan sampai dengan pengalaman-pengalaman pemateri bisa sampai suksek seperti sekarang ini.
Kedua pematerinya adalah bapak Boyke Soebrata dan R.p. Jusuf Indarto. Boyke Soebroto adalah seorang pengusaha sukses yang mempunyai banyak perusahaan. Saat ini beliau sebagai CEO PT Cardig Air (sebuah maskapai penerbangan kargo di Indonesia, berbasis di Bandara Soekarno-Hatta International Airport, Jakarta). sementara Drs. R.P. Jusuf Indarto sebagai Kepala Kantor Wilayah Direktorat Bea Cukai Kalimantan Timur, Balikpapan.
Yang pertama Bapak Boyke Soebrata mencoba untuk berbagi cerita tentang kesuksesannya saat ini. Beliau menceritakan awal bisnis yang dijalankannya hingga saat ini telah memiliki berbagai bidang bisnis. Bapak Boyke Subroto memulai berbisnis sejak berada dalam bangku kuliah. Beliau bercerita bahwa meskipun beliau berasal dari keluarga yang berkecukupan namun tidak membuat beliau malas dan hanya bergantung pada orang tua. Pada saat awal memulai bisnisnya beliau bertekad untuk tidak menerima transferan uang kuliah lagi dari kedua orang tuanya, beliau bertekad untuk hidup mandiri dan memperoleh penghasilannya sendiri dari bisnisnya. Bisnis yang pertama dirintis oleh Bapak Boyke Subroto saat di bangku kuliah adalah berbinis telur selanjutnya memulai bisnis baru dalam bidang pakan ternak. Menurut Bapak Boyke Subroto, beliau tidak malu meskipun harus berbisnis dari hal yang terkecil dari mulai di bangku kuliah, karena berani mencoba dan tidak malu merupakan kunci utama suksesnya sebuah bisnis. 
Berbagai kunci sukses yang diterapkan oleh Bapak Boyke Soebroto dalam bisnisnya diantaranya yaitu :
1. Mau atau tidak mau. Keberhasilan suatu bisnis itu tergantung dari kemauan kita yang kuat, kita mau berubah atau tidak mau berubah.
2. Jangan Takut atau Malu Jangan takut atau malu untuk selalu memulai dan mencoba suatu bisnis. Yakin pada setiap usaha yang kita lakukan
3. Risk Taken (Ambil Resiko) Bisnis itu merupakan risiko. Jadi jika kita akan memulai suatu bisnis maka kita juga akan mengahadapi suatu risiko. Jadi hadapilah setiap risiko yang ada dalam bisnis kita agar bisnis dapat berjalan sukses.
4. Networking (Jaringan) Bangunlah suatu jaringan komunikasi yang kuat untuk mengembangkan bisnis kita.
5. Berani berpikir kreatif. Bisnis yang belum tentu terpikirkan oleh orang lain dan beranilah mencoba untuk berbisnis tidak hanya dalam satu bidang cobalah untuk memulai dalam berbagai bidang
Kuliah tamu ini semakin seru saat sesi tanya jawab, beberapa pertanyaan yang bagus pun diberi reward langsung oleh moderator berupa uang 100ribu. Berikut beberapa pertanyaan menarik yang disampaikan peserta: pertama, pendapat cara pemateri tentang statement pemimpin selalu tidak dapat memuaskan seluruh anggota dan kedua,cara menghadapi tantangan yang mungkin 10 tahun kedepan tenaga kerja digantikan teknologi.
Pertanyaan kedua dijawab  langsung oleh pemateri yang akrab di sapa boy yakni dengan mengikuti zaman namun tetap giat belajar, dalami dan tantang apa yg belum kita ketahui, serta yang  paling penting jangan takut untuk berubah. Wejangan lain juga disampaikan dalam kalimat penutup Dr Jusuf untuk mahasiswa yang hadir dalam kuliah tamu ini, “Jika teman-teman disini orang tuanya bekecukupan. Tinggalkanlah zona nyaman, realistis dari apa yang kaliamn dapatkan sendiri. Seabaik-bainya orang yang berguna bagi orang  lain, dan tetap pandai bersyukur. Kalau bisa saat ini sudah mulai usaha dan nabung.”ujarnya.
Harapannya kuliah tamu seperti ini diadakan lagi, bahkan bisa rutin setiap tahun. Dan untuk FEB UB semoga semakin jaya serta dapat menghasilkan alumnus yang berguna bagi masyarakat dan negara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan sistem pembelajaran kedepan #submit1 (Ekopembangunan)

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan #SUBMIT3 (Ekopembangunan)

Pembangunan di Bidang Pendidikan