Contoh Biaya Transaksi dalam kehidupan sehari-hari #SUBMIT4 (Ekokelembagaan)


Tugas blog ekonomi kelembagaan saya kali ini adalah mengidentifikasi biaya transaksi yang kita lakukan atau kita lihat di sekitar lingkungan kita.
Salah satu alat analisis yang populer dalam ilmu ekonomi kelembagaan adalah ekonomi biaya transaksi. Alat analisis ini sering digunakan untuk mengukur efisien tidaknya desain kelembagaan. Semakin tinggi biaya transaksi yang terjadi dalam kegiatan ekonomi ( transaksi ), berarti semakin tidak efisien kelembagaan yang di desain dan sebaliknya. Untuk lebih jelasnya pengertian dari biaya transaksi sendir dapat dikatakan adalah ongkos untuk melakukan negosiasi, mengukur, dan memaksakan pertukaran.
Sebelumya saya akan menjelaskan lebih luasnya apa itu arti biaya transaksi?
Biaya transaksi (Transaction cost) merupakan konsep yang menjelaskan mengenai biaya yang keluar saat melakukan transaksi diluar biaya produksi. Pasar menunjukkan bahwa dalam pertukaran ternyata tidak hanya memperhitungkan berapa biaya yang dihabiskan untuk memproduksi suatu barang tetapi juga harus menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan transaksi/ pertukaran. Karena asumsi tentang sifat dasar manusia yang rasional maka tujuan utama dari biaya trasaksi ini (sebagaimana yang dijelaskan oleh aliran neoklasik) ialah untuk memaksimalkan profit/keuntungan.
Disini saya akan ambil contoh: Waktu saya di kota Purwokerto Jawa Tengah, disana saya ingin berbelanja model hijab yang lagi ngetrand. Dan setelah saya mengunjungi toko hijab tersebut saya kaget dengan harganya yang jauh lebih murah dari harga biasanya, yang biasanya dijual seharga Rp20.000 dan disana cuma dijual dengan harga 15.000 berbeda sekali dengan yang ada di daerah saya. Selain itu kualitas dan modelnya bagus-bagus dan nyamanlah kalo dipake. Setelah saya kembali ke rumah asal saya dan saya bercerita tentang harga hijab tersebut, teman saya langsung ingin membeli banyak untuk modal dia berjualan dan untungnya juga lumayan besar. Dan setelah dia mempuanyai lumayan banyak profit, lalu dia selalu memberiku sebuah imbalan seperti diberi hijab gratis dll.  Biaya memberi imbalan gratis inilah menjadi contoh biaya transaksi yang saya alami dalam kehidupan saya.

#submit4 #ekokelembagaan

Situs :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan sistem pembelajaran kedepan #submit1 (Ekopembangunan)

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan #SUBMIT3 (Ekopembangunan)

Pembangunan di Bidang Pendidikan