Mengidentifikasi Masalah dan Potensi di Desa Kalipare





Wilayah kecamatan kalipare merupakan salah satu dari 33 Kecamatan yang berada di Kabupaten. Kecamatan Kalipare terdiri dari 9 Desa, 39 Dusun,460 Rt,dan 61 Rw. Jarak tempuh Ibu Kota Kecamatan dengan Desa terjauh (Desa Kalirejo)  18 Km. Sedangkan, jarak tempuh Ibu Kota Kecamatan dengan Ibu Kota Kabupaten Malang sekitar 40 Km. Nah disini saya akan mengidentifikasikan apa saja permasalahan dan potensi yang ada di desa Kalipare ini.

Identifikasi Permasalahan
Permasalahan yang saya ketahui selama mengabdi di desa Kalipare ini seperti infrastruktur jalan,  listrik, air, jaringan komunikasi, sarana kesehatan dan lain-lain. Seperti yang saya lihat bahwa sepanjang jalan di desa Kalipare ini tepatnya di RT 26 jalannya yang masih bebatuan yang tidak rata, sehingga memakan waktu lama jika melewati jalan ini menggunakan kendaraan seperti motor, mobil dll. Selain itu penerangan lampu pada malam harinya juga kurang terang/redup. 

Kurangnya penerangan ini membuat desa ini menjadi sangat sepi sekali jika sudah menjelang petang.Selain itu untuk sarana kesehatannya juga berada sangat jauh sekali dari desa Kalipare ini, karena sarana kesehatan seperti puskesmas berada di daerah kecamatan setempat, jadi lumayan jauh dan lama untuk menuju ke puskesmas tersebut.  permasalahan bisa juga bersifat non fisik, tapi bersifat sosial. Misalnya, bisa saja desa tersebut memiliki potensi keindahan alam namun dari sisi keamanannya kurang. Jadi dengan mengetahui permasalahan yang ada di desa ini, perlu peran pemerintah daerah untuk membangun dan memperbaiki semua sarana infrastruktur dan kesehatan di desa ini. Agar lebih memadai dan memudahkan masyarakat yang tinggal di desa Kalipare ini.

Identifikasi Potensi Desa
Kondisi Geografis di desa Kalipare ini berupa Pegunungan Kapur (Gugusan Pegunungan Kendeng), tanah sawah berupa lahan kering / tadah hujan dengan pengairan ½ Tehnis yang mengandalkan sumber-sumber air yang ada, untuk hasil pertanian dan perkebunan yang menonjol adalah Jagung, Ketela Pohon dan Tebu yang juga merupakan produk unggulan dibidang pertanian. Mayoritas masyarakat di desa Kalipare ini bekerja sebagai petani, buruh tani, peternak, dan pedagang. Yang saya ketahui produk unggulan di bidang pertaniannya lebih menonjol ke perkebuana Tebu, karena disepanjang jalan disana banyak sekali kebun tebu. 


Bukan cuma itu saja di desa ini juga memiliki potensi untuk dijadikan komoditas wisata unggulan, karena di desa Kalipare ini dekat dengan pantai Ngiyep, Malang Selatan. Keindahan dan keunikan alam di sana akan menjadi wisata alam. Dan pastinya juga sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat sekitar untuk menambah pendapatan atau mendatangkan keuntungan ekonomi mereka, asal jeli memanfaatkan peluang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan sistem pembelajaran kedepan #submit1 (Ekopembangunan)

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan #SUBMIT3 (Ekopembangunan)

Pembangunan di Bidang Pendidikan