Aktivitas yang dapat dilakukan di Desa untukmeredam arus Urbanisasi ke Kota #SUBMIT6 (Ekopembangunan)

Pemanfaatan dana desa untuk pembangunan di Urbanisasi kerap menjadi momok bagi kota-kota besar di Indonesia. Ia disebut momok karena kota-kota besar itu sesungguhnya tidak kuat lagi menampung pertambahan penduduk.  Yang menjadi masalah disini, sebagian besar  dari mereka ialah tenaga kerja tanpa ada tujuan pekerjaan, tidak punya keterampilan dan hanya berharap keberuntungan. Jika tidak bisa memasuki golongan kerja yang ada, mereka kebanyakan masuk ke sektor informal seperti pedagang asongan, pengamen atau pemulung. Dan pada akhirnya menjadi problem sosial perkotaan.
Sebelumya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu pengertian dari urbanisasi. Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu seperti perpindahan daerah kesuburan, penyakit atau faktor-faktor lainnya.  Urbanisasi yang sering terjadi di Indonesia lebih menuju untuk mencari pekerjaan yang lebih layak di kota. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya lapangan kerja di desa, bias perkotaan atau alokasi sumber daya dalam hal ini aliran dana pembangunan dari pemerintah yang tidak merata dan tidak menyentuh perdesaan, serta masalah kemiskinan absolut yang sudah menjadi ciri kehidupan di perdesaan.
Oleh karena itu disini saya akan membahas tentang aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di desa untuk meredam arus urbanisasi ke kota. Lalu aktivitas yang dapat dilakukan didesa seperti :
1.      perdesaan karena hal ini dapat mengurangi laju urbanisasi (pembangunan infrastruktur) dana desa ini juga mampu menyediakan lapangan pekerjaan.
2.      Peningkatan sumber daya ekonomi di perdesaan
3.      Memberikan program prioritas untuk mengurangi laju urbanisasi, seperti menetukan :
·         Produk Unggulan Kawasan Milik Desa (Prukades). Program ini akan menciptakan klasterisasi produk unggulan desa hingga mendorong peningkatan skala produksi.
·         Mengembangkan badan usaha milik desa (BUMDes). Peran BUMDes ini juga kan menghasilkan lapangan kerja. Salah satunya yang kini terus dikembangkan adalah pengelolaan Desa Wisata. Dengan menbangun infrastruktur wisata dan homestay. Tentu hal ini akan memberikan pekerjaan untuk masyarakat desa sekitarnya
·         Membuat embung air desa, dan membuat sarana olahraga desa.

Dengan diberikannya program pembangunan di perdesaan ini diharapkan dapat mengurangi laju urbanisasi atau kesenjangan dari desa ke kota.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan sistem pembelajaran kedepan #submit1 (Ekopembangunan)

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan #SUBMIT3 (Ekopembangunan)

Pembangunan di Bidang Pendidikan