Aktivitas Modal Sosial #SUBMIT6 (EkoKelembagan)

Modal sosial merupakan syarat yang harus terpenuhi dalam pembangunan. Berbagai permasalahan dan penyimpangan yang terjadi karena disebabkan oleh faktor utamanya adalah tidak berkembangnya modal sosial yang ada di tengah masyarakat. Modal sosial dapat didefinisan sebagai kemampuan masyarakat untuk bekerja bersama, demi mencapai tujuan bersama di dalam berbagai kelompok.
Menurut Bourdieu modal sosial adalah sumber daya yang dimiliki oleh seseorang ataupun sekelompok orang dengan memanfaatkan jaringan atau hubungan yang terinstitusionalisasi dan ada hubungan saling mengakui antar anggotanya. Ia juga berpendapat bahwa jaringan sosial tidak bersifat alami (natural given), namun berbentuk melalui startegi-strategi investasi yang berorientasi kepada pelembagaan hubungan-hubungan kelompok yang dapat digunakan sebagai sumber untuk memetik keuantungan.
Modal sosial selama ini dipandang memiliki peran dalam pengembangan suatu masyarakat dan menjadi kunci keberhasilan. Komponen modal sosial yaitu rasa saling percaya(kepercayaan), jaringan kerjasama dan norma. Suatu kelompok yang mempunyai modal sosial tinggi akan membuka kemungkinan menyelesaikan permasalahan kesejahteraan sosial dengan lebih mudah dan akan cenderung lebih efisien dan efektif menjalankan berbagai kebijakan untuk mensejahterakan rakyatnya.
Lalu ini terdapat contohmodal sosial yang diterapkan oleh masyarakat.
Solidaritas tinggi adalah rasa kebersamaan, rasa kesatuan kepentingan, rasa simpati, sebagai salah satu dari anggota kelas yang sama. Atau bisa diartikan perasaan atau ungkapan dalam sebuah kelompok yang dibentuk oleh kepentingan bersama. Pentingnya rasa solidaritas tinggi, manusia adalah makhluk sosial yang berarti dia tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan bantuan  dari orang lain. Manusia di dunia ini tidak ada yang hidup dalam kesendirian, dia akan hidup dalam kelompok-kelompok kecil dalam masyarakat atau lingkungannya.
Sebagai contoh dalam aktivitas sehari-hari seperti,  dapat kita lihat dalam kehidupan masyarakat di perdesaan dengan di perkotaan sangatlah berbeda. Masyarakat yang tinggal di desa cenderung solidaritasnya tinggi dibandingak di perkotaan. Dengan sifat ramah tamah, interaksi yang baik, saling gotong royong. Karena rasa kepercayaanya yang tinggi, dan dari sini akan membentuk suatu jaringan sosial antar individu ke individu lainnya.
Rasa solidaritas akan muncul dengan sendirinya ketika manusia satu sama lain memiliki kesamaan dalam beberapa hal. Maka dari itu, rasa solidaritas sangat penting untuk dibangun oleh individu dengan individu lainnya atau kelompok bersatu dalam hal mewujudkan sesuatu secara bersama-sama.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan sistem pembelajaran kedepan #submit1 (Ekopembangunan)

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan #SUBMIT3 (Ekopembangunan)

Pembangunan di Bidang Pendidikan