Perkembangan teknologi E-commerce
Pada jaman modern sekarang ini, banyak
masyarakat yang membutuhkan suatu alat bantu yang praktis dan efisien, untuk
mempermudah masyarakat melakukan berbagai kegiatan. Teknologi mempunyai peranan
yang sangat penting untuk menunjang kemudahan itu. Sudah banyak teknologi yang
diciptakan oleh manusia untuk mewujudkan keinginan manusia itu sendiri. Nah
salah satu contoh teknologi elektronik yang memudahkan masyarakat saat
melakukan proses perdagangan yaitu adalah teknologi E-
commerce.
E-
commerce atau disebut juga dengan perdagangan elektronik merupakan
aktifitas yang berkaitan dengan
pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistem
elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer. Pelayanan dalam berinteraksi e-commerce dapat
dilakukan melalui tiga cara yaitu menggunakan web, browser, telepon, atau
fasilitas chatting.
Dalam beberapa tahun terakhir,
bagaimanapun e-commerce telah menjadi jauh lebih canggih. Bisnis e-commerce
sekarang menawarkan toko online (online shop) yang sangat memudahkan para
pelanggan, dimana pelanggan dapat mengakses ribuan produk, pemesanan, pilihan
metode pengiriman yang diinginkan dan membayar untuk pembelian menggunakan
kartu kredit ataupun via ATM.
Sebelum adanya internet, pelaku kegiatan
ekonomi melakukan kegiatannya dengan cara tradisional. Mulai dari berdagang,
berbelanja bahkan kegiatan lelang pun dilakukan dengan cara bertatap muka
langsung. Seperti para konsumen yang membeli barang di toko-toko atau terlihat
secara fisik sehingga terjadi pertemuan antara pedagang dan pembeli. Proses
transaksi, tawar menawar dan strategi pedagang dalam memikat konsumen pun
terlihat nyata. Namun, berkat adanya internet terciptalah teknologi perdagangan
secara online yang terintegrasi dengan sistem yang biasa disebut online shop
atau perdagangan secara elektronik (E-commerce). Dari remaja hingga dewasa
sudah mengenal online shop ini, apalagi ditambah dengan adanya fasilitas
penunjang seperti gadget ataupun smartphone.
Perekonomian suatu negara dapat dilihat
dari perkembangan teknologi itu sendiri. Semakin tinggi perkembangan
teknologinya maka akan semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut.
Namun sekali lagi, perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki
sisi negatif. Contohnya di negara Indonesia sendiri, dimana masih banyak
penyalahgunaan teknologi dalam melakukan kejahatan, khususnya teknologi
berbasis perdagangan ini atau e-commerce. Dengan demikian, walaupun pada
awalnya diciptakan untuk menghasilkan hasil yang positif, di sisi lain juga
memungkinkan digunakan untuk hal yang negatif. Dibawah ini ada beberapa dampak
positif dan negatif E-commerce bagi konsumen :
Dampak positifnya yaitu adalah : lebih
cepat, mudah dan nyaman dalam pembelian, pilihan produk/layanan terus
ditingkatkan, memiliki akses yang lebih banyak, mengurangi waktu dan biaya
promosi dari produk yang dipasarkan karena tersedianya informasi menyeluruh di
internet, Semakin banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan
menggunakan internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja, belanja dan
aktifitas lainnya. Lalu untuk dampak negatifnya adalah : tidak semua orang
mempunyai akses internet, konsumen takut penjual yang belum diketahui/dikenal, tampilan
produk kurang jelas, kurang aman dalam melakukan transaksi dan sering dijadikan
untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.
Maka dapat dilihat dari perbedaan dampak positif dan negatif di atas,
pada sisi keuntungan, diketahui bahwa dengan menggunakan e-commerce pembeli
dapat melakukan transaksi pembelian secara lebih leluasa, terutama dalam
memilih dan membandingkan barang/jasa yang akan dibeli di antara beberapa penjual.
Dan Manfaat yang diambil dari penggunaan e-commerce bagi perusahaan adalah
meningkatkan omzet penjualan, meningkatkan jumlah pelanggan, perluasan
jangkauan bisnis, sarana promosi, peluang terbukanya bisnis baru, kemudahan dan
kepuasan pelanggan. Sehingga perusahaan mampu memberikan layanan yang terbaik
dan tercepat bagi para pelanggannya. Dengan demikian, pembeli akan memperoleh
barang/jasa yang tepat, baik harga maupun fiturnya. Sedangkan pada sisi
kerugian menurut saya sudah mulai berkurang. Karena seiring dengan semakin
berkembangnya teknologi, maka keamanan e-commerce akan semakin tinggi juga. Dengan
banyaknya informasi dan komunitas pengguna ecommerce membuat semakin banyak
tersedianya infrastruktur internet. Jadi, kerugian yang dihadapi pembeli dapat
semakin diperkecil.
Komentar
Posting Komentar