Perkembangan teknologi E-commerce

Pada jaman modern sekarang ini, banyak masyarakat yang membutuhkan suatu alat bantu yang praktis dan efisien, untuk mempermudah masyarakat melakukan berbagai kegiatan. Teknologi mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang kemudahan itu. Sudah banyak teknologi yang diciptakan oleh manusia untuk mewujudkan keinginan manusia itu sendiri. Nah salah satu contoh teknologi elektronik yang memudahkan masyarakat saat melakukan proses perdagangan yaitu adalah teknologi E- commerce.
E- commerce atau disebut juga dengan perdagangan elektronik merupakan aktifitas  yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistem elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer. Pelayanan dalam berinteraksi e-commerce dapat dilakukan melalui tiga cara yaitu menggunakan web, browser, telepon, atau fasilitas chatting.
Dalam beberapa tahun terakhir, bagaimanapun e-commerce telah menjadi jauh lebih canggih. Bisnis e-commerce sekarang menawarkan toko online (online shop) yang sangat memudahkan para pelanggan, dimana pelanggan dapat mengakses ribuan produk, pemesanan, pilihan metode pengiriman yang diinginkan dan membayar untuk pembelian menggunakan kartu kredit ataupun via ATM.
Sebelum adanya internet, pelaku kegiatan ekonomi melakukan kegiatannya dengan cara tradisional. Mulai dari berdagang, berbelanja bahkan kegiatan lelang pun dilakukan dengan cara bertatap muka langsung. Seperti para konsumen yang membeli barang di toko-toko atau terlihat secara fisik sehingga terjadi pertemuan antara pedagang dan pembeli. Proses transaksi, tawar menawar dan strategi pedagang dalam memikat konsumen pun terlihat nyata. Namun, berkat adanya internet terciptalah teknologi perdagangan secara online yang terintegrasi dengan sistem yang biasa disebut online shop atau perdagangan secara elektronik (E-commerce). Dari remaja hingga dewasa sudah mengenal online shop ini, apalagi ditambah dengan adanya fasilitas penunjang seperti gadget ataupun smartphone. 
Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi itu sendiri. Semakin tinggi perkembangan teknologinya maka akan semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Namun sekali lagi, perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif. Contohnya di negara Indonesia sendiri, dimana masih banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan kejahatan, khususnya teknologi berbasis perdagangan ini atau e-commerce. Dengan demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan hasil yang positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal yang negatif. Dibawah ini ada beberapa dampak positif dan negatif E-commerce bagi konsumen :
Dampak positifnya yaitu adalah : lebih cepat, mudah dan nyaman dalam pembelian, pilihan produk/layanan terus ditingkatkan, memiliki akses yang lebih banyak, mengurangi waktu dan biaya promosi dari produk yang dipasarkan karena tersedianya informasi menyeluruh di internet, Semakin banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan menggunakan internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja, belanja dan aktifitas lainnya. Lalu untuk dampak negatifnya adalah : tidak semua orang mempunyai akses internet, konsumen takut penjual yang belum diketahui/dikenal, tampilan produk kurang jelas, kurang aman dalam melakukan transaksi dan sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.
Maka dapat dilihat dari  perbedaan dampak positif dan negatif di atas, pada sisi keuntungan, diketahui bahwa dengan menggunakan e-commerce pembeli dapat melakukan transaksi pembelian secara lebih leluasa, terutama dalam memilih dan membandingkan barang/jasa yang akan dibeli di antara beberapa penjual. Dan Manfaat yang diambil dari penggunaan e-commerce bagi perusahaan adalah meningkatkan omzet penjualan, meningkatkan jumlah pelanggan, perluasan jangkauan bisnis, sarana promosi, peluang terbukanya bisnis baru, kemudahan dan kepuasan pelanggan. Sehingga perusahaan mampu memberikan layanan yang terbaik dan tercepat bagi para pelanggannya. Dengan demikian, pembeli akan memperoleh barang/jasa yang tepat, baik harga maupun fiturnya. Sedangkan pada sisi kerugian menurut saya sudah mulai berkurang. Karena seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, maka keamanan e-commerce akan semakin tinggi juga. Dengan banyaknya informasi dan komunitas pengguna ecommerce membuat semakin banyak tersedianya infrastruktur internet. Jadi, kerugian yang dihadapi pembeli dapat semakin diperkecil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan sistem pembelajaran kedepan #submit1 (Ekopembangunan)

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan #SUBMIT3 (Ekopembangunan)

Pembangunan di Bidang Pendidikan